Berobat Tak Perlu ke Luar Negeri Lagi, Cukup di Indonesia

Rabu, 19 Juni 2024 - 01:30 WIB
loading...
Berobat Tak Perlu ke...
Kegiatan perjalanan wisata untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau health tourism bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Kegiatan perjalanan wisata untuk mendapatkan pelayanan kesehatan atau health tourism bukanlah hal asing bagi masyarakat Indonesia. Indonesia mengalami kehilangan banyak devisa karena banyak warga Indonesia yang memilih berobat sekaligus berwisata ke luar negeri, seperti ke Malaysia dan Singapura.

Data dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) pada tahun 2021 menunjukkan bahwa Indonesia merupakan kontributor terbesar dalam hal kunjungan medis ke luar negeri dengan total pengeluaran mencapai Rp161 triliun. Oleh karenanya, Pemerintah Indonesia pun kini membuat health tourism sebagai salah satu fokus utama dalam pengembangan pariwisata. Kemenkes RI telah menunjuk beberapa rumah sakit untuk menyelenggarakan wisata medis di dalam negeri.

Kabar baiknya, kini masyarakat Indonesia mungkin tidak perlu lagi keluar negeri untuk mendapatkan perawatan kesehatan. Ya, warga Indonesia bisa menikmati layanan kesehatan berkualitas di dalam negeri setelah hadirnya kerja sama antara Rumah Sakit (RS) Premier Bintaro dan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Tanjung Lesung yang dilakukan pada Jumat (14/6/2024) lalu.

Ya, dalam kerja sama ini KEK Tanjung Lesung akan menyediakan paket wisata khusus bagi pasien apakah itu land sport, aero sport maupun water sport. Selain itu, KEK Tanjung Lesung akan menyediakan juga akomodasi sekaligus vanue untuk kegiatan bagi pasien RS Premier Bintaro.

Saat ini KEK Tanjung Lesung telah dikenal sebagai the biggest playground terdekat dari Jakarta dengan luas 1.500 Ha. KEK Tanjung Lesung punya empat pantai yang bisa dikunjungi, yaitu Pantai Lalassa, Pantai Tanjung Lesung Beach Hotel & Resort, Pantai Bodur dan Pantai Ladda.



Selain itu, Poernomo Siswoprasetijo selaku Direktur Utama Tanjung Lesung, menerangkan, KEK Tanjung Lesung tak hanya punya pantai yang indah bagi wisatawan tapi juga punya 25 aktivitas seru, antara lain berenang di pantai yang jernih, menikmati sunrise dan sunset dengan latar Anak Gunung Krakatau, snorkeling, diving, bermain jet ski, naik stand up paddle board, atau keliling kawasan dengan sepeda atau sepeda listrik, atau menyaksikan panorama Gunung Krakatau dengan pesawat Cessna 152 & 172.

Dengan banyaknya aktivitas seru, baik di air maupun darat, KEK Tanjung Lesung sampai mendapat julukan dari wisatawan sebagai Surga-nya Water Sport & Wisata Bahari di Banten.

Sementara untuk akomodasi, pihak KEK Tanjung Lesung menyediakan berbagai pilihan, yaitu Tanjung Lesung Hotel & Resort, Villa Kalicaa, homestay Ladda Bay Village, Lallasa Container Inn, dan Camping Camp.
"Kerja sama ini sudah bisa berjalan, kami siap melayani sebagai resort yang menawarkan wisata kesehatan,” ungkap Poernomo Siswoprasetijo.

Poernomo – begitu sapaan akrabnya – menambahkan bahwa pihaknya optimis Indonesia kelak bisa juga menjadi tempat tujuan wisata medis bagi orang luar negeri maupun masyarakat Indonesia yang pergi berobat ke luar negeri. Karena layanan kesehatan rumah sakit-rumah sakit di Kota Jakarta dan sekitarnya sudah mumpuni dan kompetensi dokternya tidak kalah dengan rumah sakit luar negeri.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1189 seconds (0.1#10.140)